HALAL PART 1


     Barang kali kita tidak pernah memikirkan apa yang masuk melalui mulut kita. Ada beberapa benda yang memiliki kemungkinan besar masuk dalam mulut kita seperti:
1. Makanan-minuman.
2. Obat.
3. Pasta gigi.
     Jadi tidak termasuk hewan-hewan seperti semut yang ikut tertelan bersama makanan yang kita konsumsi. (astaghfirullah doyan amet…).
Di antara hal yang penting untuk kita perhatikan dalam mengkonsumsi hal-hal tersebut adalah:
1. Efek terhadap tubuh kita.
    Misalnya berbahayakah makanan atau minuman tersebut terhadap tubuh kita, adakah efek samping dari obat yang kita konsumsi, ataupun apakah pasta gigi yang kita gunakan aman jika tertelan (lagi-lagi doyan amet…).
2. Yang lebih penting adalah efek terhadap aqidah kita.
     Well, maksudnya disini apakah hal-hal yang kita konsumsi halal atau tidak. Pastikan tidak ada sebutir dzarrah pun benda haram yang bertengger di tubuh kita. So, pikirkan baik-baik, perhatikan apa yang kita  konsumsi. Asal tau aja kalau tidak kita perhatikan seksama, alias cuma diliat secara sekilas antara hati ayam dengan saren begitu mirip. Hayo siapa yang nggak tau apa itu saren? Saren adalah darah yang dikentalkan kemudian digoreng, hii….jijay banget kan?! Coba deh cek di
     Ngomong-ngomong masalah halal dan haram seharusnya hal ini tidak hanya menjadi perhatian bagian-bagian tertentu (baca: profesi tertentu). Nggak cuma Badan POM, MUI, dan lain-lain. Misal nih untuk makanan harus melibatkan tim penyembelih hewan, petani atau sejenisnya, koki atau tim masak, penjual makanan, dan lain sebagainya. Untuk obat dan pasta gigi harus melibatkan analis farmasi, analis kimia,  apoteker, dokter, distributor, bagian QC, dan ilmuwan-ilmuwan (ehem…). Nah loe, mau berkontribusi di mana?

Gubug reot, ketika galau.
Teruntuk semua yang ingin berkontribusi.

Comments