INNAMAL MU'MINUNA IKHWAH : SUNGGUH MUSLIM ITU SAUDARA

SINOPSIS

Karena beda antara kau dan aku sering jadi sengketa.
Karena kehormatan diri sering kita tinggikan di atas kebenaran.
Karena satu kesalahanmu padaku seolah menghapus.
Sejuta kebaikan yang lalu.
Wasiat Sang Nabi itu rasanya berat sekali:
“Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara.”

Mungkin lebih baik kita berpisah sementara, sejenak saja.
Menjadi kepompong dan menyendiri.
Berdiri malam-malam, bersujud dalam-dalam.
Bertafakkur bersama iman yang menerangi hati.
Hingga tiba waktunya menjadi kupu-kupu yang terbang menari.
Melantun kebaikan di antara bunga, menebar keindahan pada dunia.

Lalu dengan rindu kita kembali ke dalam dekapan ukhuwah.
Mengambil cinta dari langit dan menebarkannya di bumi.
Dengan persaudaraan suci; sebening prasangka, selembut nurani, sehangat semangat, senikmat berbagi, dan sekokoh janji.

          Buku ini adalah renungan-renungan sederhana tentang bagaimana mem-bangkitkan kembali kekuatan ummat yang hari ini terserak-serak bagai buih tak berarti. Tentu saja tak hendak muluk, semua ikhtiar itu dimulai dari dalam diri kita. Di sini, kita menginsyafi bahwa iman berbanding lurus dengan kualitas hubungan yang kita jalin pada sesama. Juga bahwa tiap hubungan yang tak didasari iman akan jadi sia-sia. Dan baik iman maupun ukhuwah, memerlukan upaya untuk meneguhkan dan menyuburkannya. Selamat datang dalam dekapan ukhuwah.
(Sumber : http://proumedia.co.id/belanja-buku/details/33/4/ibadah/dalam dekapan-ukhuwah diunduh hari Selasa, 28 Juni 2011 pukul 05.00).

RESENSI

Judul buku : Dalam Dekapan Ukhuwah.

Pengarang : Salim Akhukum Fillah.
Penerbit : Pro-U Media.
Cetakan : Ke-II : Syawal 1431
H/Oktober 2010.
Genre : Akhlak-Harakah.
Ukuran : 13,5x19,5 cm.
Tebal : 472 halaman.
Berat : 450 gram.
ISBN : 978-979-1273-66-4.
Cover : Art paper doff.
Harga : Rp 45.000,00.

“Dalam dekapan ukhuwah. Mengambil cinta dari langit dan menebarkannya di bumi. Dengan persaudaraan suci; sebening prasangka, selembut nurani, sehangat semangat, dan sekokoh janji.”
(Salim A. Fillah: Dalam Dekapan Ukhuwah).

          Dalam Dekapan Ukhuwah, buah karya Ustadz Salim A. Fillah yang hadir sebagai buku ketujuh menyusul hadirnya Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan, Agar Bidadari Cemburu Padamu, Gue Never Die, Bahagianya Merayakan Cinta, Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim, dan Jalan Cinta Para Pejuang.
Dalam Dekapan Ukhuwah hadir di tengah merebaknya buku-buku dengan genre serupa, buku bertema cinta. Namun Dalam Dekapan Ukhuwah menilai cinta dari perspektif yang berbeda. Jika pada buku-buku sebelumnya Salim A. Fillah lebih banyak berbicara mengenai cinta dan pernikahan, dalam buku ini Salim menuliskan cinta yang dilandasi rasa persaudaraan.
         Ukhuwah atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai persaudaraan. Persaudaraan ini tidak dibangun atas dasar darah, nasab, dan keluarga, tetapi lebih dibangun atas dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sebagaimana tahapan ukhuwah yang tertinggi yaitu itsar (mengutamakan saudara).
          Tidak mengherankan andaikata Salim A. Fillah menuliskan buku-buku psikologi seperti Dalam Dekapan Ukhuwah karena latar belakang pendidikan penulis buku ini. Salim A. Fillah merupakan seorang psikolog alumni Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Di samping itu banyaknya sirah shahabat yang terdapat dalam buku ini mengukuhkan eksistensinya sebagai seorang ustadz pada majelis Jejak Rasul Masjid Jogokaryan Yogyakarta.
          Melihat isi dari buku ini sepertinya cocok untuk dibaca remaja hingga orang tua. Tidak disarankan untuk dibaca anak-anak karena mengandung banyak kata-kata yang membutuhkan perenungan.
Dibandingkan dengan buku sebelumnya yaitu Jalan Cinta Para Pejuang, buku ini memiliki kekurangan yaitu terlihat lebih sedikit baik sirah maupun kisah klasik yang dihadirkan dan lebih banyak menceritakan kepribadian penulis. Walaupun Dalam Dekapan Ukhuwah menghadirkan lebih banyak halaman. Selain itu kekurangan dalam buku ini berupa pembagian sub-bab yang kurang jelas esensinya. Sangat dimungkinkan pembagian sub-bab ini hanya ditujukan agar pembaca tidak letih dalam membaca dan ada semangat baru untuk meneruskan hingga tamat.
          Buku ini diterbitkan di Pro-U Media Yogyakarta, sebuah penerbit Islam yang juga menerbitkan buku-buku karya Salim sebelumnya. Pemilihan penerbit yang tepat sesuai icon Pro-U Media sebagai sebuah penerbit Islami.
          Dalam Dekapan Ukhuwah dilempar ke pasar dengan harga bersih Rp 45.000,00 sedikit lebih mahal dibanding dengan buku-buku sebelumnya. Buku ini dicetak dengan kertas HVS dan cover art paper doff seperti kebanyakan buku terbitan Pro-U Media lain.
Sinopsis dan resensi ini ditulis untuk memenuhi tugas kompetensi dasar IV mata kuliah Bahasa Indonesia jurusan Kimia tahun 2011.

Comments