Lintasan Perjalanan KAMMI

Terlahir dalam masa reformasi Indonesia, KAMMI tak bisa dipisahkan dari aksi-aksi massa untuk perbaikan  bangsa. Pada tiap aksi massa, KAMMI mengajak komponen masyarakat dari  berbagai kalangan. Berikut catatan sebagian aksi KAMMI:

9 April 98, Gelanggang Mahasiswa UGM, Yogyakarta 
Rapat akbar sekitar 800 mahasiswa, menuntut reformasi politik dan ekonomi.

10 April 98, Lapangan Mesjid Al-Azhar Jakarta 
Rapat  akbar sekitar 5.000 mahasiswa UI, UGM, ITB, Unair, IPB dan rakyat jabotabek  menuntut reformasi total (ekonomi, politik, hukum) dan penghapusan KKN. 
  
13 April 98, Masjid Nuruzzaman Unair, Surabaya 
Rapat akbar  sekitar 1000 mahasiswa dan masyarakat, menuntut pemerintah agar serius memperbaiki keadaan bangsa.

14 April 98, Kampus Unibra, Malang 
Rapat akbar  sekitar 200 utusan berbagai universitas se-Jawa, menyampaikan beberapa kritik terhadap pemerintah dan menuntut segera dilakukan reformasi.

20 April 98, Kampus Barangsianang IPB, Bogor 
Rapat akbar  sekitar 600 mahasiswa utusan universitas di Jawa, Sumatera, Bali, Mataram, menuntut reformasi total di bidang politik, ekonomi dan hukum.

23 April 98, Depan Gedung Pusat UNS, Solo 
Rapat  akbar Sekitar 1000 mahasiswa dan rakyat dari Jawa Tengah dan DIY menuntut reformasi total.

24 April 98, Bulevar UGM Yogyakarta 
Rapat akbar sekitar 20.000 mahasiswa dan rakyat, menuntut reformasi total secara damai.

25 April 98, Halaman Kampus UNDIP, Semarang 
Rapat akbar sekitar 1.000 mahasiswa dan rakyat menuntut reformasi total. KAMMI  Jateng menolak pencalonan kembali H. Soewardi sebagai calon gubernur Jateng periode 1998-2003.

28 April 98, Halaman Masjid Pontianak 
Rapat akbar sekitar 100 orang  mahasiswa, menuntut reformasi politik, ekonomi, hukum maupun budaya, serta pemberantasan KKN.

1 Mei 98, Alun-alun Bangil, Jatim 
Rapat akbar sekitar 150 mahasiswa,  santri dan rakyat, bertema komitmen moral dan agenda reformasi nasional.

2 Mei 98, Bundaran kampus ITS 
Apel terbuka sekitar 500 mahasiswa dan santri Jawa Timur

4 Mei 98, Gedung DPRD I Jatim 
Aksi protes KAMMI kepada anggota DPRD I Jatim seputar masalah ekonomi.

8 Mei 98, Kampus Universitas Udayana, Bali 
Rapat akbar sekitar 100 mahasiswa dan masyarakat menuntut reformasi menyeluruh.  Aksi pada hari yang sama dilakukan KAMMI Sumatera yang melibatkan sekitar 6.000 massa di IKIP Padang.

15 Mei 98, Masjid Al Azhar Jakarta 
Rencana aksi  di gedung DPR/MPR diganti tabligh Jumat di Masjid Al Azhar, karena kondisi Jakarta mencekam akibat kerusuhan massal 14 Mei 1998

18 Mei 98, RRI Malang 
KAMMI Malang bersama berbagai organisasi pemuda Jatim menyiarkan  tuntutan reformasi total dan menyerukan masyarakat agar tidak melakukan kerusuhan.

19 Mei 98, Depan Biro Rektorat USU, Medan 
Rapat akbar lebih dari 3.000 mahasiswa dan rakyat Sumatera menuntut perbaikan bangsa. Aksi yang sama diadakan KAMMI Lampung.

20 Mei 98, Kantor Redaksi Harian Surya, Surabaya 
Empat puluh  anggota KAMMI wilayah V (Jatim, Bali, NTB, NTT, Timtim) memberikan pernyataan sikap berkaitan dengan situasi terakhir Indonesia.

20 Mei 98, Jakarta 
Rencana aksi massa  bersama Dr. Amien Rais akan melibatkan satu juta warga ibukota dan luar Jakarta.  Rencana ini, meskipun diurungkan karena represi aparat keamanan yang berlebihan,  memberi desakan yang kuat bagi lengsernya Soeharto dari kursi presiden.

22 Mei 98, masjid Al Azhar Jakarta 
Sujud syukur atas lengsernya Soeharto  dari kursi presiden, dan penegasan komitmen untuk meneruskan reformasi. Dihadiri sekitar 20.000 mahasiswa dan rakyat Jabotabek, bersama Dr. Amien Rais.  KAMMI memberikan penghargaan kepada para mahasiswa Trisakti yang  gugur. Aksi sujud syukur serupa juga diadakan di berbagai jaringan wilayah/daerah KAMMI se-Indonesia.

25 Mei 98, Depan gedung DPRD Sumatera Barat 
Sekitar  4.000 massa KAMMI Sumbar dan Mahasiswa Sumatera menuntut penghapusan  KKN, dan menggugat keberadaan Hasan Basri Durin dalam Kabinet Reformasi Pembangunan.

...to be continue...

Comments